usaha sosis bakar serba 2000
usaha sosis bakar serba 2000

Perhatikan 6 Hal Berikut Untuk Memulai Usaha Sosis Bakar Serba 2000

Posted on

Usaha Sosis Bakar Serba 2000 – Banyak jenis usaha yang dibuat dengan bahan yang terbilang sederhana, tapi jika pandai mengolahnya, hasilnya bisa menguntungkan. Salah satunya adalah usaha sosis bakar serba 2000 yang mengolah sosis dengan aneka bumbu berbeda sehingga memberikan rasa yang unik dan nikmat. Untuk memulainya, berikut adalah hal penting yang harus diperhatikan:

6 Hal Berikut Untuk Memulai Usaha Sosis Bakar Serba 2000

1. Modal Peralatan Tetap

Peralatan utama yang akan digunakan untuk mengolah sosis adalah: panggangan, tabung gas, wadah untuk aneka bumbu, meja atau gerobak dan aneka peralatan dapur lainnya. Yang harganya agak mahal adalah panggangan sosis sekitar Rp. 300.000,- dan tabung gas 3kg + isi sekitar Rp. 200.000,- Peralatan lainnya harganya tidak terlalu besar.

Jika penjualan dilakukan dari rumah, meja dan peralatan bisa menggunakan yang sudah ada. Tapi jika melakukan penjualan keliling, harga gerobaknya diperkirakan sekitar Rp. 700.000,- Ditambah dengan aneka peralatan pendukung lain di atas.

2. Modal Bahan Baku

Bahan baku utama usaha sosis bakar serba 2000 tentu saja sosis. Banyak jenis, mutu dan harga yang beredar di pasaran. Agar bisa menguntungkan maka harus menemukan sosis yang mutunya cukup bagus dengan harga yang optimal. Kemudian memilih aneka bumbu oles dan bumbu tambahan sebagai pemberi rasa.

Harus diperhitungkan juga biaya kemasan penyajian misalnya sarana pembungkus misalnya plastik atau piring kertas. Nilainya tidak besar tapi akan terus dibutuhkan. Semuanya bisa disesuaikan dengan kemampuan awal namun jangan menurunkan kualitas.

3. Resep dan Pengolahan yang Unik

Agar produk yang dijual bisa tampil beda, pilihlah resep dan cara pengolahan yang unik. Misalnya dengan memakai bumbu racikan sendiri atau penambahan bumbu atau rempah khusus yang hasil akhirnya lezat tapi bukan rasa biasa. Ide yang bisa digunakan misalnya pengolahan bumbu ala masakan Jepang atau Korea.

Memang sosis disebut makanan ala Barat, tapi untuk membuat rasa yang unik, pengolahannya bisa menggunakan bumbu yang sebenarnya khas masakan lain.

4. Promosi Penjualan

Dengan kemajuan teknologi, usaha sosis bakar serba 2000 bisa melakukan penjualan secara online menggunakan sarana yang ada. Misalnya bekerja sama dengan kurir untuk mengantarkan pesanan, memasang iklan di media sosial atau iklan di grup komunikasi seperti WA atau sejenisnya.

Penjualan offline juga bisa menguntungkan dengan memilih lokasi (lapak) yang mudah dijangkau, banyak anak-anak, misalnya ruko dekat sekolah atau kampus. Jika melakukan penjualan dari rumah maka bisa dibantu dengan pembuatan brosur untuk diedarkan di lingkungan sekitar.

5. Tampilan Menarik

Penyajian yang menarik bisa menjadi penentu penjualan. Karena seenak apapun makanan yang dibuat, jika penyajiannya tidak mendukung, penjualan mungkin tidak bagus. Tampilan menarik bisa dilakukan dari tampilan sosis yang menarik misalnya bumbu dan hiasan yang terlihat penuh. Namun bisa didukung juga dengan kemasan menarik misalnya kotak yang rapi berwarna cerah.

Tampilan yang menarik akan terlihat bagus saat dipromosikan karena kelihatan penuh bumbu atau tambahan lainnya jadi menggiurkan untuk dimakan. Mengundang orang untuk membelinya.

6. Mutu dan Harga

Kekurangan dari usaha sosis bakar serba 2000 ini adalah bahan baku yang tidak tahan lama. Apalagi jika melakukan penjualan keliling, barangkali cuaca akan mempengaruhi ketahanan sosis dan bumbunya. Untuk menjaga mutu, bahan baku tersebut harus rutin diperhatikan agar tidak menyajikan makanan yang basi atau rusak.

Harga terkadang mempengaruhi minat beli orang. Karena itu perhitungan keuntungan harus disesuaikan. Pengambilan margin keuntungan yang terlalu tinggi bisa menyulitkan penjualan. Umumnya marjin 40% sudah disebut keuntungan lumayan.

Usaha sosis bakar serba 2000 ini mungkin terdengar sederhana tapi ternyata bisa mendatangkan keuntungan yang sangat lumayan. Modal bisa disesuaikan dengan kemampuan asalkan tidak mengorbankan mutunya. Karena banyaknya pilihan bahan baku dan alat pendukungnya, membuat penyesuaian tidaklah sulit.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published.