pengertian saham dan obligasi
pengertian saham dan obligasi

Berikut Pengertian Saham Dan Obligasi Menurut Para Tokoh

Posted on

Pengertian Saham Dan Obligasi – Ketika berbicara mengenai tema investasi, keberadaan dari istilah saham serta obligasi memang sudah cukup akrab untuk didengar. Akan tetapi kedua hal tersebut mempunyai sejumlah perbedaan. Untuk itu para pelaku investasi perlu mengetahui pengertian saham dan obligasi supaya tidak salah dalam mengartikannya. Dengan pemahaman ini pun investor mampu memaksimalkan kegiatan investasi yang dijalankan.

Sejumlah pelaku investasi atau yang banyak disebut dengan investor tertarik menggunakan saham maupun obligasi lantaran beberapa hal. Misalnya saja seperti adanya harapan bahwasanya keuntungan yang bisa didapatkan tergolong lebih besar serta alasan lainnya. Bagi yang penasaran terkait perubahan saham serta obligasi bisa menyimak uraian seperti berikut:

Pengertian Saham Dan Obligasi

Sebelum membahas informasi lebih jauh terkait saham maupun obligasi, maka investor perlu mengetahui pengertian saham dan obligasi terlebih dahulu. Tidak lain tujuannya supaya para investor paham akan saham serta obligasi dari dasarnya. Berikut daftar pengertian saham maupun obligasi yang perlu diketahui oleh investor:

Baca juga : Cara Investasi di Ajaib

1. Pengertian Saham

Sebagaimana yang banyak diketahui bahwa tak sedikit investor yang memandang saham serta obligasi adalah hal yang sama. Padahal kedua jenis investasi tersebut mempunyai beberapa perbedaan. Mulai dari pengertian sampai dengan jangka waktu yang dibutuhkan. Adapun ulasan mengenai pengertian saham adalah seperti berikut:

  • Gitman, mengemukakan bahwasanya yang dimaksud dengan saham yakni suatu hak milik atas perusahaan tertentu dalam bentuk murni atau sederhana.
  • Menurut tokoh bernama Bernstein, istilah saham merupakan suatu pernyataan atas hak kepemilikan dari sebagian perusahaan yang hadir dalam bentuk selembar kertas.
  • Sementara itu Sunariyah menjelaskan istilah saham dalam bukunya dengan suatu surat berharga yang dilakukan penerbitan oleh pihak perusahaan.
  • Sedangkan Mishkin menerangkan bahwa yang dinamakan dengan saham yaitu suatu sekuritas yang diketahui memiliki klaim atas suatu pendapatan. Maupun aset yang berasal dari suatu perusahaan.
  • Tokoh lain yang menjelaskan terkait saham adalah Darmadji dan Fakhrudin. Mengemukakan maksud dari saham yakni suatu tanda milik atas perusahaan maupun PT tertentu, entah itu berbentuk perseorangan ataupun badan.
  • Bambang Riyanto menyebutkan bahwa saham adalah suatu bukti dari pengembalian sebagian dari suatu perusahaan.
Baca Juga:  Mau Tahu Harga Saham Pertamina Per Lot Secara Lengkap? Simak Ulasannya

2. Pengertian Saham

Layaknya yang disinggung sekilas di pembahasan sebelumnya jika saham serta obligasi mempunyai sejumlah perbedaan. Dimana satu diantara perbedaan tersebut terletak pada bagian pengertian. Hingga pengertian dari obligasi juga penting untuk diketahui. Bagi yang ingin mengetahui pengertian obligasi dari sejumlah tokoh, maka berikut adalah pembahasannya:

Baca juga : Emas Antam VS UBS

  • Jonathan B. Berk memiliki pendapat bahwa obligasi yaitu suatu surat yang tergolong berharga yang dilakukan penerbitan oleh pihak perusahaan maupun pemerintah. Adapun tujuannya tidak lain yakni supaya memperoleh dana yang berasal dari investor. Yang nantinya bakal dilakukan pemberian kompensasi berupa bunga pinjaman sebagaimana perjanjian yang dilakukan.
  • Sedangkan menurut Eduardus Tandelilin berpendapat bahwa obligasi merupakan suatu sekuritas yang pada bagian dalamnya bakal berisi mengenai suatu perjanjian. Dimana gunanya untuk melakukan pembayaran sebagaimana yang tertera pada bagian jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Sementara Kepres RI juga memiliki pengertian tersendiri terkait obligasi. Dimana penjelasan obligasi yakni sebagai suatu surat yang menyatakan akan pengakuan pinjaman dana. Yang asalnya dari masyarakat yang mempunyai jangka waktu paling tidak 3 tahun.

Demikian ulasan mengenai pengertian saham dan obligasi menurut para tokoh. Ulasan seperti di atas kiranya penting diketahui oleh para pelaku investasi. Mengingat istilah saham serta obligasi mempunyai sejumlah perbedaan. Dimana satu diantara adalah dilihat dari sisi pengertiannya.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published.