Masalah Umum yang Sering Terjadi pada Mobil
Masalah Umum yang Sering Terjadi pada Mobil

Wajib Tahu, 5 Masalah Umum yang Sering Terjadi pada Mobil

Posted on

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang banyak dipilih untuk keluarga. Sebab, nyaman dipakai untuk perjalanan jauh serta bisa membawa banyak barang.

Meski begitu, kendaraan mobil juga tidak terlepas dari masalah-masalah umum yang sering terjadi. Penyebab mesin mobil sering rusak bisa dikarenakan beberapa faktor.

Misalnya, karena Anda lalai melakukan pengecekan mobil secara berkala. Atau kurang memperhatikan performa mesin mobil, sehingga menjadikan kondisi mobil kurang prima.

Anda juga perlu mempersiapkan asuransi terbaik agar mobil Anda terlindungi dari hal-hal tak terduga. Seperti diketahui, ada dua jenis asuransi mobil terbaik yang bisa Anda pilih, yaitu asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi All Risk yang banyak dipilih masyarakat.

Kenapa harus asuransi mobil All Risk? Sebab dengan memilih asuransi mobil All Risk ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, salah satunya yaitu dapat mengcover seluruh biaya kerusakan mobil Anda.

5 Masalah Umum yang Terjadi pada Mobil

Maka dari itu, penting untuk merawat mesin mobil Anda sehingga terhindar dari kerusakan. Berikut ini beberapa masalah umum yang sering terjadi pada mobil serta penyebab mesin mobil sering rusak.

 Mesin mobil sulit dinyalakan saat pagi

Masalah umum pertama yang seringkali dihadapi pemilik mobil yaitu sulit mengaktifkan mesin mobil saat pagi hari.

Dalam hal ini, kondisi mesin mobil dalam keadaan dingin sehingga sulit dipanaskan. Penyebabnya bisa terjadi karena tegangan arus listrik pada aki kurang atau malah habis.

Atau karena terminal aki kotor dan berkarat. Selain itu, kompresi mesin terlalu rendah, injektor bahan bakar yang bermasalah atau jarak yang terlalu renggang antara sumbu busi dan kepala busi bisa juga jadi penyebab mobil sulit dinyalakan saat kondisi dingin.

Baca Juga:  Cara Memilih Asuransi Mobil yang Tepat dan Beberapa Keuntungannya

Mesin mobil yang terlalu panas juga bisa jadi penyebab mesin mobil sulit hidup. Misalnya, Anda habis melakukan perjalanan jauh, kemudian setelah istirahat, mesin mobil sulit dihidupkan.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal yakni injektor yang kotor, kompresi silinder rendah, choke bermasalah ataupun saringan udara yang tersumbat karena kotor. Maka dari itu, penting untuk melakukan pengecekan mobil secara berkala.

Tenaga mesin mobil loyo

Pernahkah Anda mendapati mesin mobil Anda yang tiba-tiba loyo tak bertenaga? Melemahnya mesin mobil bisa terjadi karena adanya kerusakan pada komponen mesin.

Lakukanlah pengecekan pada mesin mobil secara menyeluruh. Mulai dari filter bahan bakar, timing belt, saringan bahan bakar yang kotor, regulator bahan bakar atau lainnya.

Jika Anda belum bisa melakukannya, bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Mesin mobil tiba-tiba mati

Mesin mobil yang tiba-tiba mati juga sering terjadi. Ketika Anda hendak menyalakan mesinnya lagi, tidak mau menyala.

Apabila mesin mobil Anda mendadak mati hanya sesekali, bukanlah jadi masalah. Namun apabila seringkali terjadi, maka Anda perlu waspada.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena komponen mesin rusak seperti pada bagian aki, kabel yang kendor atau putus, alternator atau bagian lainnya.

Lampu indikator pada mobil terus menyala

Lampu indikator pada dashboard berguna sebagai penunjuk jalan. Saat tidak ada perintah yang diberikan, maka lampu indikator akan mati.

Namun, jika lampu indikator terus menyala, atau sebentar mati, sebentar hidup maka perlu dipertanyakan. Kemungkinan penyebabnya karena adanya ketidak serasian antara spesifikasi mobil Anda dengan oli yang dipakai.

Maka untuk mengatasinya, yaitu cari oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Atau Anda bisa berkonsultasi dengan pihak bengkel, apabila masalah tersebut masih terjadi meski oli sudah diganti sesuai standarnya.

Baca Juga:  Cara Memilih Asuransi Mobil yang Tepat dan Beberapa Keuntungannya

Mesin Mobil Knocking

Mesin mobil yang mengalami knocking tentu saja terasa mengganggu. Hal ini sering terjadi ketika mobil berada di jalur tanjakan atau saat ingin menambah kecepatan akselerasi.

Mesin mobil mengalami knocking dapat terjadi karena spesifikasi bahan bakar yang Anda gunakan jelek. Tingkat RON atau Research Octane Number tidak sesuai akibatnya timing pengapian jadi tidak tepat.

Masalah lainnya dikarenakan injektor mobil bermasalah, vacum karburator, inlet manifold , throttle body atau selang yang mengalami kebocoran.

Itu tadi beberapa masalah umum yang sering terjadi pada mobil serta penyebab mesin mobil sering rusak yang perlu Anda ketahui. Sangat penting bagi para pemilik mobil untuk merawat mobil dengan baik serta melakukan pengecekan secara berkala.

Hanya saja, melakukan perawatan mobil Anda tentu tidaklah cukup. Bagaimanapun, mobil merupakan barang dengan nilai yang tinggi.

Maka sangat penting untuk memiliki asuransi mobil baik itu LTO maupun All Risk untuk melindunginya dari risiko kecelakaan atau lainnya. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published.