emas antam vs ubs
emas antam vs ubs

Emas Antam VS UBS, Apa Saja Perbedannya?

Posted on

Emas Antam VS UBS – Salah satu jenis investasi yang marak dipilih oleh berbagai kalangan adalah emas batangan. Pasalnya, emas batangan dinilai memiliki harga jual yang bagus dan tahan inflasi. Di pasar Indonesia, ada 2 brand emas batangan, lalu, apa saja perbedaan dari emas antam VS UBS?

Meskipun produk yang dijual sama-sama logam mulia, namun terdapat beberapa perbedaan yang mencolok. Misalnya, mulai dari ukuran, sertifikat, market, dimensi, hingga harga. Dengan begitu, calon investor lebih mudah mencari merek emas mana yang sesuai kebutuhan. Jika ingin tahu apa saja perbedaan emas Antam VS UBS, berikut ini adalah ulasannya:

Emas Antam VS UBS, Apa Saja Perbedannya?

1. Ukuran

Perbedaan utama antara emas Antam dan UBS adalah ukurannya. Pasalnya, masing-masing merek emas tersebut memiliki ketersediaan ukuran yang berbeda-beda. Jika mencari emas dengan ukuran yang lebih bervariasi, pilihlah emas Antam.

Hal ini karena emas Antam tersedia mulai dari 0.5 gram sampai 1.000 gram atau 1 kilo. Sedangkan merek emas UBS, jauh lebih terbatas ukurannya. Paling kecil, ukuran emas UBS adalah 0.5 gram dan paling besar adalah 100 gram saja.

2. Sertifikat

Pada emas Antam, sertifikatnya terlaminating menyatu dengan kemasannya. Namun, pada emas Antam versi lama, sertifikat masih berupa kertas yang dilengkapi fitur Ultra Violet. Terdapat QR Code juga untuk memudahkan pemeriksaan keasliannya. Sertifikat emas Antam yaitu LBMA sehingga lebih mudah jika ingin dijual di negara manapun.

Sedangkan emas UBS, sertifikatnya dikeluarkan oleh PT UBS sendiri. Bentuk sertifikat emas UBS dengan pecahan kecil adalah berbentuk mirip seperti SIM card. Sementara itu, pada pecahan besar di atas 5 gram, sertifikatnya terpisah dari emasnya dan berbentuk plastik berhologram.

Baca juga : Harga Saham Pertamina Per Lot

3. Market

Sebetulnya masyarakat umum dapat dengan mudah membeli emas Antam maupun UBS di seluruh Indonesia. Calon investor bisa beli emas Antam di Unit Bisnis Antam yang letaknya di Pulogadung, Jaktim. Ada juga berbagai butik emas resmi di banyak kota untuk berjualan langsung produksi PT Antam.

Berbeda dengan antam, emas UBS tidak punya tempat penjualan khusus. Namun, kedua merek emas tersebut bisa dibeli melalui offline maupun online di toko penjualan resmi masing-masing. Jika ingin tahu dimana saja toko emas resmi yang menjual emas asli dengan 2 merk ini, lihatlah di website masing-masing.

4. Dimensi

Perbedaan lainnya antara emas Antam VS UBS adalah dimensinya. Pada emas Antam batangan, ukurannya relatif lebih kecil namun lebih tebal. Sedangkan emas batangan yang dikeluarkan UBS dimensinya lebih besar. Meskipun keduanya memiliki dimensi yang berbeda, namun beratnya akan tetap sama jika ditimbang. Pasalnya, keduanya memiliki kadar emas yang sama, yaitu 99,99%.

5. Harga

Jika dibandingkan dengan emas merk UBS, emas Antam harganya jauh lebih tinggi. Hal ini karena sertifikat PT Antam berlaku secara Internasional, sedangkan emas UBS hanya bertaraf nasional saja. Kemudian, seperti yang dijelaskan sebelumnya jika dimensi emas Antam lebih kecil.

Dengan begitu, biaya produksinya jauh lebih tinggi dibandingkan emas UBS yang dimensinya lebih besar. Misalnya, untuk 0.5gr emas Antam, dibanderol dengan harga Rp563.000 sedangkan UBS dalam ukuran yang sama, harganya yaitu Rp540.000. Meskipun begitu, emas UBS juga cocok dipilih bagi investor pemula karena harganya yang relatif terjangkau dibandingkan emas Antam.

Kini sudah diketahui apa saja perbedaan dari emas Antam dan UBS, mulai dari ukuran hingga harganya. Dengan mengetahui perbedaan emas Antam VS UBS, maka calon investor bisa memilih jenis investasi apa yang cocok digunakan dalam berinvestasi. Jika sudah memilih jenis emas di antara keduanya, belilah di toko penjualan resmi, baik offline maupun online.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published.