Cara Memilih Asuransi Mobil yang Tepat
Cara Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Cara Memilih Asuransi Mobil yang Tepat dan Beberapa Keuntungannya

Posted on

Asuransi mobil merupakan sebuah jaminan yang akan didapatkan untuk keselamatan dan kondisi mobil Anda. Berbagai keadaan dan kondisi di jalan terkadang sulit untuk diprediksi. Terkadang, Anda akan mengalami atau halangan lain yang bisa membuat mobil Anda rusak atau bahkan hilang.

Sebagai pemilik mobil, tentu Anda tidak menginginkan hal itu terjadi. Bagi para pemilik mobil, kecelakaan dan kehilangan mobil bisa menyebabkan kerugian yang sangat besar.

Dari permasalahan tersebut, asuransi hadir sebagai solusi untuk permasalahan mobil Anda. Asuransi siap mengganti biaya kerusakan bahkan kehilangan mobil Anda.

Dengan biaya yang bisa dibayarkan per tahun bahkan per bulan, Anda dapat memperoleh sebuah perjanjian tertentu yang akan memberikan jaminan untuk mobil Anda. Adapun rate biaya asuransi mobil bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Bila Anda hendak memilih asuransi mobil yang paling tepat untuk Anda, silahkan Anda hitung biaya asuransi mobil bulanan yang harus Anda tanggung. Dari poin ini Anda bisa memperhitungkan pengeluaran per bulan atau per tahun yang harus Anda tanggung.

Sebelum menentukan asuransi mana yang akan Anda pilih, berikut ini merupakan cara untuk memilih asuransi mobil yang tepat dan beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Kenali Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Sebelum Anda memilih asuransi mobil yang paling tepat untuk Anda, silahkan Anda mengenali jenis-jenis asuransi mobil yang tersedia. Berbagai jenis asuransi mobil memiliki aturan dan keuntungan yang berbeda-beda.

Anda juga bisa memilih jenis asuransi mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini merupakan beberapa jenis asuransi mobil yang paling populer untuk para pemilik mobil:

Baca Juga:  Wajib Tahu, 5 Masalah Umum yang Sering Terjadi pada Mobil

1. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi mobil yang pertama ialah asuransi total loss only (TLO). Jenis asuransi ini merupakan asuransi yang akan memberikan penggantian berupa mobil baru kepada Anda ketika Anda mengalami kehilangan mobil.

Asuransi ini tidak akan memberikan penggantian bila mobil Anda hanya mengalami kerusakan. Bila dilihat dari segi premi yang harus Anda bayarkan, jenis asuransi TLO relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis asuransi lainnya.

Bila akan melakukan klaim untuk asuransi TLO, Anda membutuhkan bukti laporan kehilangan dari kepolisian. Selain itu, ada bukti data-data diri dan bukti kepemilikan mobil yang harus Anda serahkan kepada pihak asuransi. TLO banyak menjadi pilihan untuk mobil yang masih dalam masa kredit melalui perusahaan leasing atau Bank.

2. Asuransi All Risk

Jenis asuransi yang kedua adalah asuransi all risk. asuransi all risk akan menanggung segala bentuk kerugian atau kerusakan yang Anda alami. Jenis asuransi ini tergolong aman dan menguntungkan.

Bila mobil Anda mengalami kerusakan atau kecelakaan, Anda tetap akan mendapatkan penggantian dengan jumlah sesuai dengan biaya perbaikan yang harus Anda tanggung.

Namun, bila dilihat dari segi premi per bulan atau per tahunnya, asuransi All Risk memiliki harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi Total Loss Only.

Namun, asuransi All Risk lebih disarankan karena menanggung semua risiko kerusakan yang mungkin terjadi.

Hitung Biaya atau Premi Asuransi per Bulan

Tentu Anda wajib untuk memperhatikan kemampuan Anda ketika akan membayarkan asuransi mobil.

Perhitungan biaya dan bagaimana cara klaim asuransi bisa langsung Anda tanyakan kepada pihak perusahaan asuransi yang menghandle data Anda.

Hal ini menjadi semakin krusial karena banyak orang mulai tidak percaya terhadap berbagai produk asuransi karena banyaknya penipuan berkedok asuransi yang terjadi di masyarakat.

Baca Juga:  Wajib Tahu, 5 Masalah Umum yang Sering Terjadi pada Mobil

Oleh karena itu, ketika Anda akan membeli produk asuransi mobil, Anda harus benar-benar mempelajari semua ketentuan dan apa saja aturan yang berlaku. Selain itu, besaran biaya juga harus benar-benar dihitung supaya Anda tidak merasa terbebani ketika harus membayar premi asuransi.

Di bagian perjanjian yang Anda tandatangani di awal periode perjanjian asuransi, Anda juga wajib memahami setiap butir poin yang tertuang di situ. Bila Anda merasa ada bagian yang masih belum dimengerti, jangan ragu untuk langsung menanyakan kepada pihak perusahaan asuransi.

Demi keamanan dan kenyamanan Anda ketika berkendara, ada baiknya untuk segera memilih produk asuransi mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published.